1 Kelly Candy, Permen Kencur Jelly Kaya Manfaat Produk Lab. Kimia ITN Malang

Kencur (Kaempferia Galanga) merupakan salah satu dari 5 jenis tumbuhan yang dikembangkan sebagai tanaman obat asli Indonesia.  Dengan kandungan minyak atsiri dan rasa yang menghangatkan membuat kencur menjadi salah satu bahan obat herbal. Sangat efektif untuk meredakan  batuk, gatal-gatal pada tenggorokan dan melegakan inflamasi/radang tenggorokan serta mengembalikan suara yang hilang.

 

Kencur selain dijadikan minuman segar ternyata bisa diolah dan  dijadikan permen kencur. Permen kencur ini merupakan inovasi dari mahasiswa dan dosen Teknik Kimia ITN Malang. Proses penelitian, pembuatan bahkan sampai produksi massal dilakukan di Laboratorium Teknologi Bahan Makanan ITN Malang.

Kelly Candy, Permen Kencur Jelly Kaya Manfaat Produk Lab. Kimia ITN Malang

Kelly Candy, Permen Kencur Jelly Kaya Manfaat Produk Lab. Kimia ITN Malang

Menurut Erik Setiawan asisten Laboratoriun, penelitian permen kencur sudah dimulai dari tahun 2015. Untuk membuat permen kencur yang terkenal dengan nama Kelly Candy ini tidak semudah kelihatannya. Trial and error dilakukan berkali-kali. “Pertama terlalu manis, kadar gula dikurangi, rasa kencur  terlalu tajam dan getar kadar kekentalan dikurangi demikian dilakukan berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan lidah,” tutur Erik saat bertemu di ruang humas ITN Malang, Rabu (7/6).

 

Agar mendapatkan hasil maksimal kencur  diblender beserta kulitnya, sehingga mengandung kadar serat yang tinggi  dan dicampur dengan berbagai bahan lain. Kemudian dimasak dan dimasukkan  cetakan. Setelah kering baru dipotong dan dikemas.

 

Dengan pengeringan menggunakan sinar ultraviolet Kelly Candi masa simpannya sampai 6 bulan terjamin hygienis dan steril. Dikemas dalam dua kemasan 150 gram dan 60 gram, Kelly Candy banyak diminati oleh semua golongan umur. “Kami memanfaatkan moment mahasiswa yang pulang kampung dan menjualnya sebagai oleh-oleh,” terang Ilham Arasy marketing produk.

“Menghadapi lebaran penjualan open order lewat media online maupun langsung datang  ke Laboratorium Kimia. Kami juga sudah mengunggah di instagram untuk pemasaran dan sudah ada permintaan paling jauh dari Lombok,” pungkasnya. Untuk Pre Order bisa menghubungi : Arasy 081 23251 9636. (humas)