2

Rempah-rempah satu ini sangat familier di kalangan ibu-ibu sebagai bumbu dapur. Efek menghangatkan membuatnya juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Kencur sirimpang imut ini selain sebagai bumbu dan obat ternyata bisa juga dibuat menjadi permen yang enak. Dengan mengetahui kandungan zat yang bermanfaat pada kencur, Teknik Kimia ITN Malang melakukan Pelatihan Pembuatan Permen Jelly Kencur (Kelly Candy) terhadap ibu-ibu PKK di Balai Desa Kecamatan Junrejo, Batu beberapa waktu yang lalu.

Bertajuk Be a Successful Independent Woman, ITN Malang diundang oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk mengembangkan sumber daya ibu-ibu PKK di Junrejo. UM melirik ITN Malang karena mempunyai Laboratorium Teknologi Bahan Makanan yang credible, kreatif dan inovatif. Terbukti beberapa produk telah memasuki pasaran umum seperti Wolly Candy, Kecap tongkol, Kelly Candy dll.

Rovita Ika Aryanti bagian produksi laboratorium Teknologi Bahan Makanan menyampaikan proses pembuatan permen kencur jelly (Kelly Candy) sangat mudah, selain itu kencur mudah didapat dengan harga murah dan kaya manfaat. (humas)