Tiga-Pengusaha-Muda-dipanel-dalam-Kuliah-Tamu-Young-Entrepreneur-2017

Di kalangan pengusaha muda Malang siapa yang tidak kenal dengan Yudi Prata (Part of Es Temperor, Singer), Levia Indaka (Owner Indaka Scrapbook), dan Yoga Surya Pratama (Owner Cokelat Tempe de Konco). Pantaslah mereka bertiga di panel dalam Kuliah Tamu 2017 Himpunan Mahasiswa Teknik Indstri (HMTI) S-1 ITN Malang. Bertema Young Entrepreneur “Change the World withInnovation Entrepreneurship”, mereka mewakili jiwa dan semangat kaum muda dalam berinovasi, Sabtu (25/3).

Berbagi pengalaman dan motivasi di hadapan teman sebaya membuat mereka menceriterakan pahit getir dan manisnya dalam merintis usaha. Yudi Prata salah satu pendiri Part of Es Temporer. Awal usahanya memiliki pengalaman yang tidak mudah. Memiliki omset 10 juta perhari, awal merintis usaha pernah berjalan puluhan kilo meter untuk membagikan brosur secara dor to dor. “Hujan panas, ditolak orang saya alami, tapi dari situ mental terasah. Kalau membagikan brosur di perumahan sebelum orang itu keluar saya tidak berhenti memencet bel. Kuncinya Ikhtiar usaha dan istiqomah,” kisahnya.
Berbeda dengan Levia Indaka. Dara cantik dan berbakat ini masih berstatus mahasiswi semester empat UB, sudah memiliki brand sendiri, Indaka Scrapbook. Usaha yang ia rintis berawal dari hobi semasa sekolah. Bermodal nekat, usaha ia mulai dengan modal awal 150 ribu rupiah telah berkembang menjadi omset 60 juta rupiah perbulan. “Trik pemasaran Indaka Scrapbook melalui medsos, brosur dan voucer,” ungkapnya.

Membuka usaha memang perlu esperimen, apa lagi menyangkut rasa. Seperti penuturan Yoga Surya Pratama, Owner Cokelat Tempe de Konco. Kripik tempe makanan khas Malang yang terbuat dari tempe sudah umum. Bagaimana caranyamembuat inovasi produk yang terbuat dari tempe. Meskipun awal-awalnya membuatcoklat pedas sempat gagal, akhirnya pria berkacamata ini mendapatkan order pertamanya dari Pulau Kalimantan. (sar)