Kepala-BAAK-ITN-Malang-digitalisasi

Upaya digitalisasi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ditegaskan oleh KABIRO BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) Ir. Ida Bagus Suardika. Menurutnya, upaya ini akan memudah buat kampus biru secara internal dan eksternal. “Secara internal dapat memudahkan mahasiswa dan elemen kampus lainnya, sementara secara eksternal memudahkan ke Dikti dan pangkalan data,” terang pria asal Bali itu saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (30/3).

Baca juga: Agar Mahasiswa Tidak Titip Absen, ITN Malang Akan Digitalisasi Absensi

Menurut pria disapa Bagus tersebut, untuk menyongsong digitalisasi ini pihaknya sudah menyiapkan keperluan-keperluannya. Mulai dari storage yang berkapasitas besar hingga sumber daya manusia yang mumpuni. Dua hal ini saling terkait dalam proses digitalisasi ini. Apalagi kedepannya akreditasi sudah secara online. “2017 akreditasi sudah online, dan kita sudah siap,” paparnya.

Lebih lanjut, Bagus ingin menciptakan budaya baru di BAAK. Budaya itu adalah cepat dalam bekerja. Untuk itu berbagai pelayanan di BAAK saat ini dapat selesai hanya dalam hitungan menit. Misalnya, untuk membuat kartu mahasiswa yang berbarcode tidak sampai sepuluh menit. “Jadi intinya budaya yang akan dibangun, kalau bisa satu menit kenapa satu hari,” tegasnya. (her)