LPPM-Atur-Strategi-Menuju-Target-Mandiri-Litabmas

Kinerja penelitian Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, institut berbasis teknologi ini langsung naik dua tingkat dari Klaster Binaan ke Klaster Utama. Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Lalu Mulyadi MT., memberikan apresiasi kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITN Malang atas kinerjanya. Rektor menyatakan hal ini dalam acara Sosialisasi Klaster Utama Kinerja Penelitian dan Peluangnya Bagi Dosen ITN Malang di auditorium Kampus I ITN Malang.

Masuknya ITN Malang dalan Klaster Utama membuka peluang besar bagi dosen untuk lebih berinovasi dalam penelitian. Rektor berharap adanya dukungan dan kerjasama antara dosen peneliti dan LPPM, sehingga bisa mempertahankan klaster yang sudah diraih bahkan lebih meningkat lagi. Rektor juga menegaskan agar dosen dapat memanfaatkan dana yang tidak sedikit dalam Klaster Utama. “Jika tidak ada dukungan dari para dosen maka LPPM tidak ada artinya. LPPM bisa menjembatani untuk memanfaatkan dana yang sedemikian besar. Saya berharap dua sampai tiga tahun ke depan kita sudah bisa masuk Klaster Mandiri,” harapan rektor asli Lombok ini.

Fourry Handoko ST, SS, MT, Ph.D, Ketua LPPM ITN Malang sangat faham akan tantangan LPPM ke depan. Menuju target Mandiri Litabmas (Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) 2019 banyak pembenahan yang sudah dan akan dilakukan LPPM. “Membangun gudang data Litabmas-online LPPM terintegrasi dengan fakultas dan prodi, akses pendanaan, pendampingan Litabmas, pendampingan reviewer, penguatan program HAKKI, penguatan LPPM,” terang Ketua LPPM di hadapan para dosen saat menjelaskan capaian dan rencana pengembangan LPPM ke depan. (sar)