pesawat terbang

23  – 26  Nopember 2016 akan menjadi momen bersejarah, karena  Team U.A.R.T  (Uber Alles Robo Plane) Teknik Mesin ITN Malang , untuk pertama kali mengikuti  kontes robot terbang langsung lolos dan siap berlaga di udara  Bandar Lampung.

Ada 4 kategori lomba yaitu: 1. Divisi Fixed Wing 2. Divisi Racing Plane 3. Divisi Technology Development 4.Divisi VTOL.  Dikatakan Kontes Robot Terbang untuk merujuk saat di udara rancangan robot yang dibuat harus mampu terbang secara Auto Nomous (kendali mandiri).

Chandra Widodo selaku ketua Team menyampaikan Tim UART ITN Malang mengikuti lomba kategori Racing Plane dimana kecepatan robot  menjadi ukuran kesuksesan.

Langkah awal yg dilakukan ialah mencari pilot untuk mengemudikan robot terbang,  berikutnya adalah merancang konstruksi.  Berbagai piranti canggih pun ditanamkan di dalam rancangan, mesin robot terbang berbasis elektrik dan GPS ini  dirancang  mampu menggerakkan robot secara aerodinamis dan terbang dengan kecepatan penuh walaupun ada turbulensi udara.

robot-terbang-itn-malang

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diadakan oleh Kementrian Ristek & Dikti melalui DitJen Belmawa sangat diminati oleh Perguruan Tinggi karena sangat prestisius & bergengsi, Seleksi Proposal yang diikuti oleh 127 TIM dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta se- Indonesia merupakan seleksi awal dan setelah itu peserta wajib mengirimkan  progress dalam bentuk video & akhirnya yang berhak lolos 73 TIM dari 29 Perguruan Tinggi

Dengan kecepatan 140 km/jam dengan jangkauan 2 Km, robot terbang buatan  Tim UART ITN Malang siap bertarung &  berlaga di udara.

Selamat berjuang, Semoga sukses