iga iga semut

Iga Bakar orang sudah biasa menikmatinya, tetapi Iga Semut makanan jenis apa pula itu…..? dalam benak kita tentu timbul pertanyaan sebesar apa Iga semut…? dari semut merah atau hitam…..? apakah rasanya lezat…..? berbagai tanda tanya itu akan terjawab saat orang melihat & mencicipi produk tersebut; ternyata Iga Semut kreasi mahasiswa ITN Malang ini tak lain dan tak bukan adalah  ikan  gabus diselimuti  tahu.(Tahu isi ikan gabus).

Varian makanan ini ditampilkan di depan publik pertama kali  saat dilakukan MONEV PMW/Monitoring Evaluasi Program Mahasiswa Wirausaha yang dihadiri oleh Ibu Aniek, SE & Ibu Mayastuti dari Kopertis Wilayah VII JATIM.  Menurut Dr. Prima Vitasari, SIP, MPd pencetus Iga semut, sebagai akademisi dirinya terketuk melihat Ikan Gabus dengan kadar protein tinggi dan dapat mempercepat penyembuhan luka tetapi tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena baunya amis, dengan penelitian yang dilakukannya bersama mahasiswa Teknik Kimia  ditemukan proses penghilangan bau amis tanpa menghilangkan kelezatan rasa ikan gabus.

Siswi berharap tahu isi ikan gabus/tahu isi yang familiar dikudap sebagai makanan kecil/cemilan mampu membuat masyarakat penasaran mencicipinya sehingga  memberikan kontribusi kecukupan protein & meningkatkan gizi masyarakat Indonesia.

Semoga..